Wow! Nenek 92 Tahun Pecahkan Rekor Lari Maraton

Harriette Thompson, 92, mengikuti lomba lari bersama anaknya Brenny di San Diego, AS, Minggu (31/5/2015). AFP / Jerod Harris / GETTY IMAGES NORTH AMERICA
Harriette Thompson, 92, mengikuti lomba lari bersama anaknya Brenny di San Diego, AS, Minggu (31/5/2015). AFP / Jerod Harris / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / metrotvnews

 San Diego: Seorang nenek berusia 92 tahun asal Amerika Serikat menjadi wanita tertua yang berhasil menyelesaikan lomba lari maraton sejauh 41 kilometer, Minggu (31/5/2015). 
Harriette Thompson, disambut tepuk tangan dan sorakan penonton saat melewati garis finish lomba maraton Southern California di San Diego dengan catatan waktu tujuh jam, 24 menit dan 36 detik. 
Saat diwawancarai surat kabar kota kelahirannya, Charlotte Observer, Thompson mengaku "sedikit kaku" setelah lomba. 
"Saya sangat lelah di tengah perjalanan. Sekitar Km 33, saya menaiki sebuah bukit, dan itu rasanya seperti mendaki gunung," tutur Thompson, seperti dikutip AFP. 
"Saya sempat berpikir, 'hal semacam ini terbilang gila karena dilakukan di usia saya,' tapi saat menuruni bukit, saya merasa lebih baik. Anak saya Brenny terus memberi saya asupan karbohidrat yang membuat saya dapat terus berlari," sambung dia. 
H Thompson - People.com
Pelari maraton lansia yang memecahkan rekor sebelumnya juga berasal dari AS, yakni Gladys "Gladyator" Burril, yang berusia 92 tahun 19 hari saat berlomba di Honolulu pada 2010. 
Thompson mengikuti maraton untuk menggalang dana demi riset penyakit kanker, sebuah penyakit yang pernah menjangkitinya. 
Sementara pelari maraton tertua di dunia pada saat ini adalah Fauja Singh, yang berusia 101 tahun saat dirinya pensiun dari perlombaan pada 2013.


EmoticonEmoticon