Fakta Unik Tentang Bunga Mawar

 
Siapa yang suka bunga mawar? hayo siapa yang pernah nembak/ditembak pake bunga mawar, hayo jujur?
ok kali ini saya akan bahas nih tentang bungan tersebut. Bunga mawar sangatlah indah juga harum selain dibalik itu mawar juga memeliki arti yang sanagat banyak bila dilihat dari warnanya.
ok langsung aja yuk!


Apa sih Bunga Mawar itu?
Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman penjerat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.


Pertama:
Ada lebih dari 15.000 spesies tanaman mawar berbeda yang dibudidayakan di seluruh dunia. Fosil tanaman mawar tertua ditemukan di Florissant Colorado. Fosil tersebut diprediksi pernah hidup sekitar 35 juta tahun yang lalu.


Kedua :
Tanaman mawar ternyata masih satu keluarga(family) dekat dengan buah-buahan seperti apel, pir, chery dan almond. Fakta lain yang mengejutkan adalah kelopak bunga mawar ternyata malah mengandung lebih banyak vitamin C daripada buah-buahan tadi!


Ketiga :
Tanaman mawar tertua yang diketahui masih hidup hingga sekarang berada di Katedral Hildeshiem di Jerman yang telah mampu bertahan hidup lebih dari 100 tahun!


Keempat :
Awak kapal Christoper Columbus secara tak sengaja menemukan batang tanaman mawar di lautan pada tanggal 11 Oktober 1492. Tentu saja hal tersebut menjadi berita yang sangat menggembirakan bagi seluruh kru kapal karena batang tanaman mawar tersebut pastilah menunjukkan adanya suatu daratan yang kemudian sekarang kita kenal sebagai Benua Amerika.


Kelima :
Pada tahun 1986 Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan meresmikan bahwa bunga mawar sebagai Bunga Nasional negaranya. Di Amerika Serikat sendiri, sekitar 400 hektar tanaman mawar dipanen setiap tahunnya dari rumah-rumah kaca. Karena itu tak perlu heran bila 85% konsumen mawar di dunia adalah dari Amerika Serikat.


Keenam :
Harga rata-rata satu lusin bunga mawar adalah Rp. 70.000. Pada tahun 1898 ketika terjadi inflasi harga satu lusin batang mawar pernah mencapai sekitar Rp. 360.000. Untuk saat ini, penjualan tanaman mawar akan meningkat ketika hari Valentine atau hari ibu hingga 42%.


Ketujuh :
Berdasarkan mitologi Yunani, duri yang tumbuh pada permukaan batang tanaman mawar disebabkan karena anak panah yang dilesatkan oleh Cupid meleset dan secara tak sengaja malah mengenai batang tanaman mawar tadi. (Hehehe lucu yah kok bisa sampai meleset….)

Kedelapan :
Biasanya mawar berwarna pink, merah, kuning, oranye atau putih kini ada yang berwarna biru.Mawar Biru Mistis akhirnya di pasarkan di Amerika dan Kanada awal September 2011. Mawar bernama ‘Applause’ ini diciptakan menggunakan modifikasi genetik guna mensintesis pigmen yang ditemukan pada bunga biru bernama delphinion. Meski kadang tampak berwarna ungu, ilmuwan mengklaim warna bunga ini terdekat dengan warna biru.
Sebelumnya, satu-satunya mawar biru yang tersedia merupakan mawar biru yang diwarna. Hal ini dikarenakan alam tak bisa menghasilkan pigmen biru. Setelah 20 tahun bereksperimen, perusahaan Jepang Suntory Ltd akhirnya membuat terobosannya pada 2009.
Tiap bunga ini dijual seharga GBP 15-20 (Rp200-300 ribu) dan penggunaannya sangat ketat hanya untuk acara tertentu saja.
Sejak dulu seperti ditulis Dailymail, mawar biru menjadi benda mistis karena memang mustahil menumbuhkannya secara alami.


Dan Terakhir :

Ada banyak arti di balik setangkai mawar, mulai rasa tulus, sukacita, kasih sayang bahkan dukacita. Namun di balik semua itu, ada makna cinta yang tersirat di dalam mawar.Keanekaragaman warna bunga mawar seringkali mengungkapkan banyak arti. Agar tak terjadi salah pengertian, sebelum memberi kenali arti warna dibalik keelokan bunga mawar.



Mawar Merah

Warna merah pada bunga mawar ini menunjukan cinta, rasa hormat, keindahan, romantisme, dan juga bahkan bisa digunakan untuk melambangkan pujian kepada orang yang kita cintai. Namun jika diartikan sebagai warna pada bunga, warna merah ini pastinya melambangkan rasa sayang dan cinta kasih yang sangat besar.


Mawar Putih


Bunga mawar putih ini melambangkan rasa cinta yang sejati, kemurnian hati, kesucian, dan juga keanggunan. Jika bunga ini diberkan kepada kekasih kita, maka ia akan semakin yakin bahwa kita sangat mencintai dan menyayangi dirinya. Mawar ini juga cocok untuk diberikan pada sahabat kita sebab warna putih melambangkan persahabatan yang sejati.

Mawar Merah Muda


Bunga ini melambangkan penghormatan, kebahagiaan, kelembutan, dan pastinya juga pujian kepada orang yang kita tuju. Jika warna pinknya lebih muda bisa kita artikan sebagai sebuah ungkapan kekaguman, sementara itu untuk warna pink yang lebih tua dapat kita artikan sebagai rasa terima kasih kepada orang yang kita tuju.

Mawar Kuning

Bunga ini melambangkan rasa persahabatan yang tinggi, keceriaan, kekeluargaan, serta kegembiraan. Namun tak jarang juga orang yang mengira bahwa warna kuning pada mawar ini melambangkan rasa benci serta cemburu.

Mawar Hitam


Kebencian itu adalah hal yang sangat manusiawi bagi kita umat manusia. Lalu cara untuk mengungkapkannya pun juga pastinya tak sama, ada yang diungkapkan dengan langsung, dan ada juga yang Cuma disimpan dalam hati. Nah, ketimbang kita hanya sakit hati sendiri menyimpannya, perasaan kebencian itu dapat kita ungkapkan melalui bunga mawar hitam ini.

Mawar Hijau

Arti bunga mawar hijau ini adalah keharmonisan, kesuburan, dan kesejahteraan. Warna ini juga merupakan sebuah indikasi dari perdamaian serta ketenangan. Selain itu, bunga mawar hijau ini juga dapat diartikan sebagai sebuah harapan untuk membuat kehidupan yang baru nanti lebih sejahtera ataupun harapan untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik lagi.

Mawar Peach


Arti bunga mawar yang terakhir adalah bunga mawar berwarna peach. Bunga mawar yang ini lebih banyak diartiken sebagai sebuah lambing untuk mengutarakan perasaan pertemanan kita pada kawan ataupun teman kita. Hal ini dikarenakan bahwa warna peach ini adalah sebuah warna yang melambangkan sebuah kehangatan ikatan yang terjalin.


ok itu dia beberapa fakta tentang bunga mawar. semoga bermanfaat :)


EmoticonEmoticon