Ubur-Ubur Cantik Ini Sangat Berbahaya

Seorang penyelam mengambil gambar ubur-ubur mauve stinger, salah satu jenis yang sengatanya sangat berbahaya -- Mirror / Barcroft
Ubur-Ubur Cantik Ini Sangat Berbahaya - Seorang penyelam mengambil gambar ubur-ubur mauve stinger, salah satu jenis yang sengatanya sangat berbahaya -- Mirror / Barcroft
Ubur-Ubur Cantik Ini Sangat Berbahaya - Edinburgh: Ubur-ubur adalah hewan bertubuh lunak yang banyak ditemukan di berbagai perairan dunia. Jika dilihat sepintas, ubur-ubur tampak seperti makhluk yang tidak berbahaya.
Beberapa spesies ubur-ubur bahkan terlihat mengagumkan, karena memiliki beragam warna terang yang menyejukkan mata. Namun jangan salah, di balik keindahannya tersebut, ubur-ubur memiliki sistem pertahanan diri yang tidak boleh diremehkan. seperti dilansir metrotvnews.com
Jika mendekati ubur-ubur tanpa perlengkapan dan persiapan khusus, seorang penyelam dapat berakhir dengan sejumlah luka di rumah sakit. Dalam beberapa kasus, korban ubur-ubur bahkan kehilangan nyawanya. 
ubur ubur mirror.co.uk
The Outliers, serangkaian pulau di lepas pantai Skotlandia, merupakan rumah bagi puluhan jenis ubur-ubur yang sangat cantik, namun juga sangat berbahaya. 
Penyelam berpengalaman Matt Doggett, 36, asal Southampton, mengaku merasa seperti di rumah sendiri saat berenang bersama ubur-ubur berukuran besar. 
Seperti dikutip Mirror.co.uk, Senin (30/3/2015), salah satu jenis ubur-ubur berbahaya adalah mauve stinger. Satu sengatan dari jenis tersebut, maka masalah serius bisa menimpa sang penyelam. Sengatan ubur-ubur yang memiliki banyak tentakel sepanjang empat meter ini dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. 
ubur dubur mirror.co.uk
Terdapat pula jenis ubur-ubur lain yang sama, atau bahkan lebih berbahaya daripada mauve stinger, seperti lions mane. Ubur-ubur yang kerap disebut "jeli rambut" ini merupakan jenis ubur-ubur terbesar yang ada di lautan. Lions mane biasa ditemukan di perairan dingin seperti Samudera Arktika serta wilayah utara Atlantik dan Pasifik.


EmoticonEmoticon